Rahasia Pendekar

    Featured Posts

Contoh penerapan untuk masing-masing fondasi CT Computational Thinking dalam kehidupan sehari-hari

TOPIK 1

EKSPLORASI KONSEP

02.04. Lembar Kerja Mahasiswa

1.      Sampai saat ini, Anda sudah mendapatkan contoh-contoh implementasi CT dalam kehidupan sehari-hari. Dalam contoh-contoh tersebut, dapat dilihat bahwa CT dapat diterapkan dengan ataupun tanpa menggunakan “komputer”. Tuliskanlah hal atau persoalan apa yang zaman sekarang tidak memakai “komputer”, TIK, dan robot tapi membutuhkan CT!
2.      Tuliskan dan jelaskan minimal satu contoh penerapan untuk masing-masing fondasi CT dalam kehidupan sehari-hari! Contoh yang Anda berikan dapat mengandung lebih dari satu fondasi.

Jawab:

1.      Memasak nasi, membuat kopi, memasak bubur ayam, mencuci pakaian, membuat jus alpukat

2.      Contoh penerapan

a.       Mencuci pakaian

·         Dekomposisi: Pada awal ini menentukan hingga mengelompokan pakaian berbagai jenis sendiri yang akan di cuci, menyiapkan alat cuci hingga ember dan memahami proses pencucian.

·         Pengenalan pola: Mengetahui pola dalam mencuci pakaian dari memilah pakaian untuk dicuci, memperkirakan detergen dan air yang akan dibutuhkan.

·         Abstraksi: Setelah mengetahui berbagai pakaian yang kotor akan dilanjutkan dengan memahami pakaian yang kotor, menyatukan pakaian hingga mencucinya dan menjemurnya.

·         Algoritma: Setelah mengetahui langkah di atas dari pemecahan mencuci pakaian dari memilah pakaian, menyiapkan alat, mencuci hingga menjemur.

b.      Membuat jus alpukat

·         Dekomposisi: Pada tahap awal membuat jus alpukat, mari kita menyiapkan langkah-langkah untuk memecahkan masalah dengan menyiapkan air, es batu, alpukat hingga blender atau juicer.

·         Pengenalan pola: Pengenalan pola dengan memahami dalam proses membuat jus alpukat dari memasukan air dulu, memisahkan daging dari kulit alpukat, memasukkan bahan menjadi satu di dalam blender/juicer hingga menyalakan blender/juicer tersebut.

·         Abstraksi: Sebuah pandangan beberapa alpukat yang dibutuhkan dalam membuat jus alpukat, masukan alpukat di blender/juicer beserta air secukupnya dan nyalakan.

·         Algoritma: Sudah memahami polanya dari di atas, masukan alpukat secukupnya, air secukupnya hingga nyalakan blender/juicer.

author

PENULIS

Pendekar Sakti

Get Free Email Updates to your Inbox!

Post a Comment

http://pendekarsakti-sbmptn.blogspot.co.id/

Pendekar Sakti. Powered by Blogger.
Copyright © Pendekar SBMPTN | Web Resmi | Designed By Tim Pendekar | Pendekar Sakti